Panduan OSN SMA Biologi Part 2: Buku dan Teori

Language: Bahasa Indonesia and English

I present you...

PANDUAN SUKSES OSN BIOLOGI SMA ala Valen

(add disclaimer thingy, bla bla bla)

TEORI


Sejujurnya, apabila kamu memahami seluruh konten bukunya, buku kitab suci anak Biologi, “Campbible” (maksudnya Campbell Biology), ini sudah cukup untuk membantu kamu menjadi juara tingkat nasional (at least during my years). Sudah terbukti bahwa dengan Campbell (dan 1 atau 2 buku tambahan), tim International Biology Olympiad (IBO) dari Amerika Serikat hampir selalu berhasil membawa pulang 4 emas di ajang tersebut. I talked to them, and it’s 100% the truth. Jadi ya, pesan buku pertama ya TAMATIN CAMPBELL DULU! Jangan sok-sokan baca buku yang lebih advance apabila dasar Campbell nya saja belum kuat. Tetapi, untuk lolos hingga tingkat internasional (setelah OSN, terdapat pelatihan nasional AKA pelatnas dimana siswa dikarantina selama sebulan penuh untuk beberapa kali di Bandung untuk mendapatkan pelatihan serta menjalani seleksi untuk menemukan 4 besar yang nantinya menjadi timnas INDONESIA), diperlukan buku-buku supplementary lainnya yang sangat dapat membantu (karena biasanya kakak-kakak asisten bikin soal untuk OSN dan pelatnas, kalau tidak dicomot dari jurnal-jurnal scientific, dari buku-buku ini).


List of books I read from start to finish:
1.      Campbell Biology: MUST READ!
2.      Fundamentals of Anatomy and Physiology by Martini et al: Ini buku anfiswan (short for anatomi fisiologi hewan) yang cukup lengkap. Bagian anatominya cukup berat, dan karena OSN itu tidak terlalu menekankan bagian anatomi hewan, tidak terlalu direkomendasikan bukunya!
3.      Cell Biology by Gerald Karp: Ini buku cukup padat dan singkat, tapi agak susah dimengerti. Bagi yang kepepet waktu, boleh coba baca bukunya, but otherwise, I don’t recommend it.
4.      Human Physiology by Lauralee Sherwood: Ini buku OKE banget! Singkat, padat dan jelas. Figur-figurnya mudah dimengerti dan tidak terlalu fokus dengan anatomi hewan, so you don’t get easily bored with the stuff you don’t need
5.      Plant Physiology by Lincoln Taiz: Also a great book (and might be the only reliable book) for plant physiology, cuman versi yang beredar di internet sudah agak lama sehingga tampilannya kurang menarik.
6.      Schaum’s Outline Genetic: *ini ada versi Indo nya juga*. Sangat direkomen buat latihan soal genetika!

List of other books yang aku baca beberapa chapter doang:
7.      Genetics: From Genes to Genomes by Hartwell: Ini buku oke buat sampingan hal-hal yang tidak dapat ditemukan di Campbell misalnya more detailed explanation about imprinting, recombination, etc
8.      Plant Systematics by Michael Simpsons: Oke juga buat selingan ilmu mengenai klasifikasi tumbuhan. Kalau topik praktikum ada sistum, maka buku ini bakal berguna banget.
9.      Medical Physiology by Guyton and Hall: Ini buku anak S1 kedokteran Indo, jadi buat kamu yang pingin lanjut sekolah kedokteran, bakal ga rugi deh baca buku yang ini. Cuman ya, bukunya agak tebal and I personally prefer Sherwood sih…
10.  Ecology: Concept and Application by Molles: maybe the least important on this list, karena ekologi di Campbell harusnya sudah cukup kok, cuman ya kalau kepingin belajar ekologi ini bukunya!
11.  Brock Biology of Microorganisms: Jika belum punya dasar biologi molekuler yang kuat, atau pingin tahu lebih tentang mikrobiologi, this is the right book for you!

List of other books that I didn’t read, but should definitely be considered:

12.   Molecular Biology of the Cell by Bruce Albert: Ini RAJANYA buku bioselmol, great explanation dan figures cuman ya ini bukunya PAANNJAAANG BANGET. Tidak terlalu disarankan karena terlalu advance untuk olimpiade SMA
13.   Principles of Biochemistry by Lehringer: Belum pernah baca sih, tapi katanya bisa membantu buat dasar-dasar biokim.
14.   Behavioral Ecology by John R Krebs: I changed my mind, this is probably more useless than no. 10 karena bobot soal etologi cuman 5% (ketimbang ekologi yang masih 10%)
15.   Molecular Cell Biology by Harvey Lodish: Never actually read it, but I took a glance at one two chapter and found it to be pretty good! (Kak Rhogerry TOBI’13 has confirmed it too)
16.   Raven Biology of Plants: Ini buku andalan anak USA, karena meliputi anatomi, fisiologi serta sistematika tumbuhan. Satu buku untuk 3 subtopik, jadi ga perlu lagi baca Taiz atau Simpson!
17.   And more…. But I think this is more than enough for now!

Jika kamu memiliki waktu luang yang panjang, coba tamatin buku sebanyak-banyaknya (with Campbell being the most important one, followed by the ones in BOLD). Take it slow, one at a time (maksudnya baca nya tidak apa-apa lambat, asal mengerti) dan kalau bisa sambil bikin catatan biar kalau mau refresh memori gampang, tidak usah lihat textbook lagi. Bukunya, kalau tidak sayang, di-highlight pakai stabilo juga oke. Kalau tidak punya hardcover download saja ebookny, gampang seharusnya di google! DON’T EXPECT ME TO UPLOAD IT FOR YOU, soalnya selain merepotkan, itu ilegal (mungkin tidak di Indonesia but somewhere else, it is!) so cari sendiri di google atau torrent atau minta dari temanmu saja.

Aku biasanya baca 50 halaman / hari. Aku luangkan waktu sekitar 4-5 jam per hari untuk menghabiskan 50 halaman tersebut, dengan istirahat 45 menit – 1 jam di sela-sela membaca buku.

Olimpiade SMA biologi tentu tidak seperti UN Biologi, dimana membaca dan menghafal buku saja sudah cukup. Kunci sukses untuk soal teori OSN terletak pada kemampuan kamu untuk memahami, menganalisa/membedah dan menjawab soal. Jadi, yang LEBIH PENTING daripada membaca buku adalah LATIHAN SOAL OSK, OSP, OSN, dan IBO tahun-tahun sebelumnya. Coba membiasakan diri mengerjakan soal tersebut dengan latihan simulasi terus-menerus (misal dengan mengerjakan soal dengan limit waktu ujian aslinya). Kunci di sini adalah repetisi. Semakin banyak kamu berlatih, maka semakin berkembang juga kemampuan menganalisa dan berlogikamu.  

Soal OSP dan OSN biasanya susah untuk didapatkan di internet, tapi biasanya banyak beredar di kalangan peserta. Jika kamu pingin dapatin soalnya, silahkan hubungi kakak kelas, atau mantan peserta OSN tahun-tahun lalu dari provinsi mu, atau mungkin dari peserta lainnya (misal kalau sudah di release daftar nama peserta OSN, silahkan di stalk anak-anak dari provinsi Jawa lewa sosial media, but don’t be fucking creepy, alright? No one likes some random strangers, out of nowhere asking them for a favor. Instead, be polite and maybe they’ll help you? After all, it’s not their fault if they don’t want to since they got nothing on you. But I believe if you approach nicely, someone is bound to help.) Alternatif lain, biasanya diknas provinsi setempat punya fotokopi soal juga kok, jadi kamu bisa kontak diknas setempat buat minta soalnya…. Lastly, buat soal ibo, tinggal search di website IBO dan tinggal download previous exams nya, gampang banget kan?!

Comments