More Q&A sessions, I suppose?

Language: Bahasa Indonesia and English




PENTING!!




Sebelum bertanya, silahkan baca postingan aku yang sebelumnya mengenai cara aplikasi ke MIT (part1, part2 dan part3) serta baca kegiatan-kegiatanku selama di MIT (disini). Jika tertarik dengan dunia Olimpiade, silahkan mengunjungi ini (part1, part2 dan part3) buat tips dan trik jitu menghadapi OSN Biologi (kayaknya uda telat sih soal OSNnya uda lewat, tapi tenang aja ini panduan ga bakal ketinggalan jaman ;P) serta ini buat salah satu pengalaman ku di dunia Olimpiade Nasional (yang ga kalah menarik sama MIT seharusnya). 


Aku tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang pernah kujawab sebelumnya. Aku juga tidak akan menjawab pertanyaan yang bersifat sensitif, terlalu personal atau di luar konteks Olimpiade/MIT (tanya tentang pengalaman OSN gitu boleh, tapi jangan tanya "kakak uda punya pacar belom?" Pertanyaan tsb melanggar seluruh aspek di atas dan tidak akan dijawab.) Jadi, sebelum bertanya, HARAP MEMBACA ARTIKEL-ARTIKEL DI ATAS YANG SESUAI DENGAN PERTANYAAN YANG INGIN KAMU AJUKAN.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Jadi, sekitaran satu tahun yang lalu, aku mengadakan sebuah Q&A session mengenai tata cara aplikasi ke MIT yang benar. Jujur, walau memang terdapat beberapa pertanyaan yang bagus, aku rasa tahun lalu itu lebih banyak pertanyaan yang superficial, dalam artian kamu google search aja harusnya ketemu jawabannya (walau beberapa memang susah ketemunya). Jadi kali ini, aku pingin coba ulang membuka hal yang sama, dengan harapan akan lebih banyak pertanyaan-pertanyaan membingungkan yang ga bisa dijawab oleh google; hanya bisa dijawab dengan anak-anak MIT doang (cth pertanyaan-pertanyaan yang diterima: "MIT sebenarnya susah ga sih kak?", atau "Di MIT sehari kuliah berapa jam?"  atau "Di MIT, dosennya kayak gimana? Lecture di MIT sistemnya beda atau sama saja dengan di Indo?" atau "Di MIT banyak orang Indo ga?" atau "Fraternity itu gimana sih sistemnya?" atau "Apa sih gunanya kuliah S1 di luar negeri? Buang-buang duit aja.", dst.)



Selain itu, aku juga ingin membuka kesempatan bagi temen-temen yang ingin bertanya mengenai Olimpiade Sains, dari jenjang SD-SMA (soalnya aku pernah ikut semua). Sekali lagi, pertanyaannya bebas sebebasnya (asal mengikuti aturan yang berlaku). Boleh seperti "Dulu Olimpiade ga pernah stress belajar ya? ikut OSN terus menerus" atau "Pernah ga lulus sampai ke OSN ga? (hint: Pernah)" atau "Suka duka jadi wakil Kalbar pas OSN" atau "Kakak dulu pake buku ini ga?" atau "Tips dan trik buat pelatnas" dst. 



Other than that, silahkan bertanya sepuas hati anda di link berikut ini (jangan sungkan-sungkan!). Aku akan tunggu sampai September 3, 2017 jam 00.00 WIB (supaya aku juga punya cukup waktu untuk menjawab sebelum deadline Early Action MIT). Mudah-mudahan, jawaban bisa ku-posting di blog ini pada akhir September / Awal Oktober (karena bakalan sibuk soal kuliah sudah mulai). 



Cheers!

Comments